Pontianak, pbhk.org –┬áSabtu, 19 November 2016 Perkumpulan Bantuan Hukum Kalimantan (PBHK) kedatangan tamu dari Negeri Gingseng Mr. Jong Chul Kim dan Mr. Lee Advokat for Public Interes Law dari Korea Selatan, orang yang biasa disapa Mr. Kim ini merupakan aktifis hukum yang sangat peduli terhadapat penegakan hukum lingkungan. Kim ke Indonesia dan memilih kantor Lingkar Borneo sebgai tempat diskusi dengan PBHK karena ketertarikannnya apa yang dilakukan oleh PBHK bersama Lingkar dalam melakukan advokasi pelanggaran hukum yang dilakukan oleh PT. Sintang Raya beberapa bulan yang lalu sehingga kasus ini masuk media Internasional.

Diskusi ini difokuskan pada penyelesaian kasus PT. Sintang Raya serta mencari solusi atau jalan keluarnya melalui mekanisme hukum. Menurut Mr. Kim selain regulasi yang lemah di Negara kita dalam melindungi hak-hak warganya serta perlindungan terhadap pelaku investasi menambah rumitnya persoalan, selain itu proses perizinan yang dilakukan oleh PT.Sintang Raya juga cacat secara hukum, lanjut proses hukum yang dilakukan oleh PT. Sintang Raya dalam melakukan tindakan penangkapan terhadap warga Olak-Olak Kubu yang dijadikan tersangka dan akhirnya dikeluarkan karena tidak cukup bukti itu sangat merugikan dan melanggar undang-undang ungkapnya.

Seharusnya PBHK beserta jaringan NGO lebih gencar dalam melakukan advokasi hukum apa lagi kasus yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Mr.Kim dkk juga sanggup untuk membantu dan mengkampanyekan apa yang dilakukan oleh kawan-kawan aktifis lingkungan di Indonesia, ungkapnya.

One thought on “PBHK Diajak Diskusi oleh Advokat Dari Negeri Gingseng”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *