ok

Pontianak, pbhk.org – Perkumpulan Bantuan Hukum Kalimantan pada (Rabu, 06/12/2017) menerima kunjungan masyarakat yang berasal dari Kecamatan Badau dan Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu, adapun tujuan mereka mendatangi Kantor PBHK adalah untuk meminta bantuan hukum yang sedang menimpa warga masyarakat di Kapuas Hulu.

Berdasarkan keterangan warga, bahwa kasus yang menimpanya yaitu terkait penggunaan lahan hak milik yang digunakan oleh perusahaan, Penyerobotan Tanah, Tumpang Tindih Lahan dan Ingkar Janji yang dilakukan oleh perusahaan yaitu PT Sentrakarya Manunggal. Adapun lahan yang digunakan perusahaan berdasarkan keterangan warga seluruhnya yakni untuk IUP seluas 20.000 hektare, sedangkan HGU yang digunakan sebesar 12.000 hektare. Dari penggunaan lahan tersebut, hingga saat ini masyarakat belum diberikan biaya ganti rugi lahan, padahal perusahaan telah berjanji kepada setiap warga yang tanahnya digunakan oleh perusahaan untuk diganti rugi. Selain itu juga, lahan hak milik warga yang tidak diikutkan dalam perjanjian sebelumnya juga turut digunakan untuk kepentingan perusahaan.

Selain penggunaan lahan tersebut, masyarakat yang kehilangan haknya juga merasa bahwa mereka telah ditipu oleh perusahaan. Dari kecurigaan ini warga masyarakat akhirnya mendatangi PBHK untuk memintan bantuan. Adapun kecurigaan yang timbul antara lain yakni terkait MoU antara perusahaan dengan warga, dimana para warga masyarakat tidak mengetahui isi dari Mou hingga detik ini. Tidak hanya itu, perusahaan sebelumnya juga berjanji memberikan sebesar 20 persen dari hasil olah kebun kepada setiap orang yang tanahnya digunakan oleh perusahaan serta janji untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat sekitar. Namun, hingga berita ini diturunkan, janji tersebut belum juga dipenuhi oleh PT Sentrakarya Manunggal.

Esti Kristianti, SH yang menerima kedatangan warga di Kantor PBHK, menyarankan agar masyarakat yang merasa kehilangan hak-haknya agar segera membuat peta lokasi yang tanahnya digunakan oleh perusahaan serta kronologi kejadian yang sedemikian rupa agar kasusnya dapat segera ditangani.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *