Mempawah, pbhk.org – Pada hari Rabu tanggal 9 November 2016 Pengadilan Negeri Mempawah menggelar sidang dengan agenda Pembacaan Putusan (Vonis) terhadap Terdakwa Katin yang didampingi oleh Tim Penasehat Hukum dari Perkumpulan Bantuan Hukum Kalimantan (PBHK) yakni Esti Kristianti, S.H dan Arafat, S.H. Sidang Vonis atas dugaan kasus penganiayaan ini di Pimpin oleh Majelis Hakim. Rini Masyitah, S.H, M.Kn Sebagai Ketua Majelis, Arlyan, S.H dan Erli Yansah, S.H, sebagai Anggota Majelis Hakim.

Majelis Hakim mempertimbangkan bahwa seluruh unsur-unsur tindak pidana yang ada pada pasal 351 ayat (1) KUHP yang didakwakan oleh JPU yaitu Bapak Sondang Edward Situngkir, S.H terhadap Terdakwa telah terpenuhi. Selain itu, Majelis Hakim juga sepakat untuk mengambil alih seluruh pertimbangan JPU dalam surat tuntutan dan menjadikannya sebagai pertimbangan dalam memberikan putusan terhadap Terdakwa, tetapi Majelis Hakim tidak sepakat dengan tuntutan dengan pidana penjara selama 8 bulan dikurangi masa tahanan selama Terdakwa berada didalam tahanan yang diajukan oleh JPU, sehingga Majelis Hakim Pengadilan Negeri Mempawah berpendapat lain dengan memutuskan hukuman 6 bulan penjara terhadap Katin dengan potongan masa tahanan selama Terdakwa berada dalam tahanan. Putusan ini mendasar pada terpenuhinya unsur-unsur pidana pada Pasal 351 ayat (1) dengan bukti yang secara sah dan meyakinkan yaitu satu buah keping VCD berisi Video yang menunjukan bahwa Katin selaku Terdakwa melakukan pemukulan di bagian pipi korban Sugeng Santoso dan keterangan saksi-saksi yang saling bersesuaian pada sidang pemeriksaaan saksi yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Terdakwa/Penasehat Hukumnya dan JPU diberikan waktu 7 hari sejak Putusan (Vonis) dijatuhkan oleh Majelis Hakim untuk melakukan upaya banding ke Pengadilan Tinggi Negeri Pontianak jika masih belum puas dengan putusan yang telah diberikan oleh Majelis Hakim. Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada kepastian dari pihak-pihak terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *